Curcol : Tertipu oleh OctaFX | Saya trauma trading disana lagi.. Apakah OctaFX Penipu ???

Bangkrut dalam trading forex adalah hal yang menyakitkan, apalagi bangkrut yang terjadi tergolong prematur alias terlalu dini, kebangkrutan terakhir yang membuat saya harus menulis ini adalah kebangkrutan yang paling celaka dan sangat menyakitkan. Pelajaran yang kudapatkan: HATI-HATI melakukan trading di OctaFX

review broker octafx
Banner broker Octafx.
Malam ini, sejam yang lalu saya terbangun dari tidur yang singkat karena baru tertidur pada jam 1 malam. Entah apa yang membangunkan, lalu saya tergerak untuk melirik laptop dan memperhatikan perkembangan chart.

Seperti mimpi, balance yang tersisa adalah 0.00 USD. Kuperhatikan chart nya dengan seksama, apakah ada perubahan signifikan yang membuat akun saya terkena margin call (MC), ternyata tidak ada. Perubahan yang terjadi pada chart tidak terlalu menonjol, hanya pada pairs EUR/JPY dan AUD/USD yang merangkak turun perlahan.

Saya menutup jendela MT4 OctaFX dan membukanya kembali untuk mengonfirmasi apakah benar-benar 0.00 USD ... dan ternyata memang betul, balance saya habis sudah, menyisakan perasaan yang sangat tidak enak di tengah malam, belakangan saya sadar bahwa saya telah tertipu oleh Broker OctaFX ...

Pengantar Curcol Tertipu oleh OctaFX

Mari, saya lanjutkan ceritanya agar kawan-kawan bisa menilai betapa bodohnya saya dan berempati atas apa yang saya alami.

Banner promosi bonus deposit 50% . Sumber: idnoctafx.com
Hingga saat ini, saya telah melakukan tiga kali deposit dana ke akun real di octaFX. Ketiganya berkesempatan mendapatkan bonus deposit yang nantinya kita akan/dapat memilih berapa persen besarnya bonus yang ingin kita dapatkan : 10% -50%.

Pada dua deposit dana yang saya lakukan di awal, saya tidak mengklaim bonus saya, bukannya tidak mau, tapi karena saya tidak tau jika bonus tersebut harusnya diambil / diklaim setelah melakukan deposit akun dan sebelum melakukan trading. Pada aturan bonus deposit tersebut, saya tidak melihat ada penjelasan bahwa pengambilan bonus deposit seharusnya dilakukan sebelum trading dimulai. Jujur saat itu saya mulai tidak enak, jika saya tidak bertanya pada bagian Layanan Nasabah / Costumer service, saya tidak akan tahu bagaimana cara mendapatkan bonus depositi saya. Kenapa tidak di terangkan dengan jelas pada aturan deposit tersebut ???

Saya cukup berhati-hati membaca aturan deposit wakti itu, mungkin ada aturan yang saya lewatkan yang sejarusnya menjelaskan cara menarik bonus deposit tadi.

Begini Cerita Saya Tertipu oleh Broker OctaFX

Setelah bangkrut 2 kali, hal tersebut tidak membuat saya jera, saya menenangkan diri sebentar, memperbaiki mental dan mod untuk memulai kembali trading dengan aturan yang lebih ketat sehingga kebangkrutan yang sebelumnya tidak terjadi.

Pada deposit yang ketiga, saya mengambil semua bonus deposit saya sehingga ada tiga bonus deposit yang saya tarik / klaim sehingga nilainya cukup besar. Sebagaimana aturan di octaFX bahwa :

  • Diperlukan untuk trading (jumlah bonus) /2 (jumlah bonus dibagi dua) lot standar untuk membuat bonus bisa ditarik
Baca rules selengkapnya disini ~> Bonus Deposit 50% | versi english ~> Deposit Bonus

Sehingga semakin besar persenan bonus yang ditarik, maka tuntutan untuk trading beberaoa lot semakin banyak. Saya memilih bonus 50% untuk ketiga bonus deposit tersebut. Totalnya besar, bahkan lebih besar dari deposit dana yang ketigaku.

Saya pun telah siap untuk trading, pada MT4 kulihat Equity akunku lebih besar dibandingkan saldo, padahal belum ada posisi yang saya buka, saya belum memulai trading sama sekali setelah melakukan deposit dana untuk yang ketiga kalinya.

Setelah mengecek history MT4, ternyata bonus deposit telah ditambahkan dan berwujud sebagai equity. saya paham sekarang, nantilah setelah tuntutan untuk trading sekian lot terpenuhi maka bonus depisit octa FX menjadi saldo. Saat itu saya cukup senang, sistem octaFX bagus juga. Pondasi saya semakin kuat untuk menahan gejolak harga jika nantinya terjadi 'kesalahan' dimana trend berlangsung tidak sesuai dengan ekspektasi.
broker octafx
Buat yang mau ngintip history akun trading MT4, klik untuk memperbesar

Sayang, kegembiraan dan perasaan bahwa trading di octaFX sangat baik tidak berlangsung lama. Semua kegembiraan itu hancur seketika saat malam tadi kuperiksa perkembangan cart dan yang terpampang adalah saldo 0.00 USD, tidak tersisa sedikitpun sebagaimana trading saya sebelumnya yang bangkrut.

Saya tertipu oleh octaFX yang memberikan kebahagiaan sesaat, kebahagiaan buta, kebahagiaan palsu yang sebenarnya 'setan' yang akhirnya membuat saya sadar akan kenyataan bahwa sistem / aturan yang diterapkan oleh octaFX sangat tidak fair.

Saya menyatakan hal ini pada costumer service octaFX, namun tanggapannya adalah : "Such are the rules".

Kenapa aturannya tidak dibuat dengan baik, terang dan lengkap ???

Cuplikan chating dengan costumer service octaFX.
Sori english ane berantakan, jangan di-bully yah..

Apakah OctaFX Penipu ???

Sekalipun di awal saya telah membaca aturan mengenai bonus deposit akun secara seksama, saya tetap trader yang bodoh karena tidak memperhatikan poin berikut
  • Jika equity akun Anda menjadi kurang dari jumlah bonusnya, bonus akan dibatalkan
versi english nya :

  • In case the equity of your account becomes less than the bonus size, the bonus will be cancelled
Dengan aturan tersebut di atas, apa yang menimpa saya adalah hal normal, tidak ada pelanggaran atau kecurangan dari pihak broker yang telah membatalkan bonus deposit yang menjadi equity.

Namun siapa yang tidak merasa tertipu dengan kasus seperti ini, pihak OctaFX menambahkan bonus deposit yang belum memenuhi persyaratan menjadi equity di akun MT4, lalu dengan begitu saja ia membatalkan bonus tersebut saat equity akun kurang dari jumlah bonus [celakanya jumlah bonus saya besar karena mengambil jatah bonus deposit pertama dan kedua yang belum saya tarik]. Saat bonus deposit octa dibatalkan, maka bonus tersebut terhitung sebagai minus / loss. Pada kasus saya ini, saat equity akun lebih rendah dari bonus, bonus yang kuharapkan memperkuat pondasi equity tertutup, setelah itu posisi terbuka yang statusnya floating loss ikutan ditutup oleh sistem.

Bukankan ini tidak fair, kawan-kawan???
  • Kenapa octaFX menambahkan bonus deposit yang ditarik ke akun trading kita di MT4 sebagai equity, yang nantinya akan menjadi bomerang saat posisi loss semakin berlarut ???

  • Kenapa octaFX tidak menerangkan ini dengan terang dan jelas pada aturan bonus depositnya ???

Akhiranya, saya sungguh bodoh sebagai trader yang tidak memahami betul bagaimana 'permainan' broker semisal octaFX ini. Situasinya mungkin dapat digambarkan seperti ini :
Tertipu tapi tidak ditipu

Saya tidak tahu harus kesal pada siapa, kawan. Maka catatan ini kugunakan sebagai obat untuk menormalkan stress yang baru saja kualami, sekaligus sebagai sebuah 'peringatan' bagi kawan-kawan untuk HATI-HATI melakukan trading di OctaFX.


Mengenal Ucheng Orangbiasaji

Ahmad Husain (Ucheng), Tidak lulus kuliah, anak petani, itu saja..
Saya hanya orangbiasaji :) ...
berusaha menikmati keindahan penciptaan pada hal-hal biasa di sekitarku.