Ohh Gita Wirjawan, Aku bingung harus bilang apa, pak Calon Presiden !!!

gita wirjawan calon presiden
Gita Wirjawan - Peserta Konvensi Partai Demokrat. Sumber: tempo.co


Sungguh malu rasanya menuliskan sebuah catatan mengenai Om Gita Wirjawan, mantan mentri perdagangan sekaligus peserta konvensi Calon Presiden di Partai Demokrat. Aku cukup malu ikut-ikutan ramai menanggapi pengunduran diri Gita Wirjawan sebagai Menteri Perdagangan karena disangkut pautkan dengan keikut-sertaannya sebagai peserta konvensi di Partai Demokrat. Aku sungguh malu, sebabnya tak lain karena aku hanyalah orang biasa saja.

Namun, aku tidak cukup kuat menahan diri untuk tidak ikut berkomentar saat membaca berita dan ulasan-ulasan di berbagai media mengenai om Gita Wirjawan ini. Oia, sebelumnya, ijinkan saya memanggil dengan sapaan Om Gita saja, sebab sejak iklan-iklanmu booming di media online, kau banyak jadi pembahasan di media online, nah kami merasa dekat sekali denganmu karena nyaris setiap mengunjungi halaman portal berita, dirimu selalu tersenyum 'menyambut' kami, bak doorman di sebuah toko.

Om Gita, ingin kusampaikan bahwa aku menyesal jika kau harus mengundurkan diri dari jabatanmu sebagai Mentri Perdagangan. Walaupun keterangan yang kau berikan pada media bahwa pengunduran itu dilakukan untuk berkonsentrasi memenangi konvensi sangat baik, itu menunjukkan pada khalayak, pada kami semua bahwa om Gita betul-betul serius untuk maju sebagai Presiden RI. Dibandingkan, misalnya, dengan Jokowi yang nyaris mabuk laut oleh gelombang wacana pencapresannya, kau lebih baik. Kau menunjukkan tekat yang kuat.

Walaupun aku masih bingung padamu om Gita Wirjawan, apa yang hendak kau lakukan jika berhasil menjadi Presiden Republik Indonesia kelak ??? Apakah salah satu diantaranya, kau akan mewajibkan semua pegawai negeri sipil untuk memiliki sertifikat lolos toefl dengan poin minimal 600 ?.

Atau kau akan memperbaiki istana presiden terlebih dahulu pada 100 hari pertama kepemimpinanmu ???

Atau kau akan memperkuat kementrianmu dengan para profesional sehingga kinerja kabinetmu bisa maksimal menjalankan pemerintahan, melayani rakyat Indonesia ???

Atau kau akan membantu KPK dalam melakukan pemberantasan korupsi ???

gita wirjawan anti korupsi
Banner Gita Wirjawan anti korupsi. Sumber: gitawirjawan.com



Oia, bagaimana kabar berita dugaan korupsi importasi 240.000 ton raw sugar (gula mentah) tahun 2012, dimana kau dilaporkan oleh Gerakan Indonesia Bersih [GIB] ke KPK ??? Walaupun masih dugaan, maaf aku tak mengikuti betul-betul perjalanan berita kasus ini, toh seharusnya kau tidak boleh disentuh sedikitpun dengan berita seperti ini. Apalagi, Dipo Alam memasukkan kementrian yang kau pimpin kemarin sebagai kementrian sarang penyamun. Aduhhh om Gita om Gita...

Om Gita Wirjawan, Kau mengundurkan diri atau Melarikan diri ???

Di bagian ini, aku ingin berkomentar tentang tekatmu mengisi kabinet dengan orang-orang profesional, bukan dari lingkaran partai, selain untuk memaksimalkan kinerja, kau juga ingin memperbaiki citra pemerintahan yang dirusak oleh politisi.

Memang, jika suatu urusan diserahkan kepada ahlinya (baca: profesional) maka hasilnya akan baik. Nah, mari kita kembali melihat prestasi kementrian yang kau pimpin, jika kau kebetulan membaca catatanku ini tolong berkomentar atau tulislah surat padaku dengan menyebutkan apa saja prestasimu memimpin kementrian ini. Karena aku bingung dengan berita di media, nyaris tak ada yang baik tentang kementrianmu.

Menurutku, om Gita Wirjawan tak sepantasnya mengundurkan diri dari jabatan mentri hanya karena ingin fokus memenangi konvensi. Sangat tidak perlu. Kau ingin bebas dari urusan negara / pemerintahan untuk meningkatkan poin citramu, meningkatkan popularitas dan elektabilitasmu ???

Entah aku bodoh atau sudah gila, seharusnya, jika kau perbaiki kementrianmu, mengurusinya selayaknya kau adalah profesional di bidang itu, tentu hal tersebut adalah satu kekuatan yang bisa kau tunjukkan ke publik, bahwa di tengah badai rusaknya kementrian di kabinet si Esbeye jilid kedua itu, kementrianmu menunjukkan prestasi yang signifikan.

Sebagai calon presiden yang ingin mengisi kabinet dengan personal yang profesional, seharusnya om Gita Wirjawan ini berperilaku profesional, paling tidak meninggalkan jabatan mentri tanpa jejak kelam yang akan ditanggung oleh penggantimu.

Bukankah si Esbeye akan sangat senang padamu jika dirimu berhasil membangun kementrianmu itu? Bukankah kementrianmu akan menambahkan poin untuk rapor pemerintahan Esbeye?

Demikian om Gita Wirjawan, di judul catatan ini kutuliskan kata "Aku bingung harus bilang apa, pak Calon Presiden !!!" karena aku memang bingung :

Kau ingin memperkuat KPK membasmi korupsi tapi kau pernah dilaporkan ke KPK.
Kau ingin memaksimalkan kinerja kementrian dengan merekrut para profesional, sementara peranmu sebagai mentri kemarin sore, nyaris tidak menunjukkan suatu kebaikan [sesuai bacaanku di berbagai media].

gita wirjawan calon presiden
GiTA. Sumber: plus.google.com
Aku menyayangkan masuknya beras dari Vietnam yang semakin memperkerus suasana, isunya pun digoreng sana-sini. Entah akhirnya akan bagaimana, kalau nanti akan berurusan dengan KPK lagi, kupikir kita harus menunggu waktu setelah pemberitaan mengenai Anas atau Anggoro yang baru saja ditemukan setelah lama memburon.

Apalagi kasus beras impor dari Vietnam ini seperti bola pimpong, dipukul sana-sini, entah jadi tanggung jawab kementrian yang mana. Jadi kupikir, permasalahan impor beras dari Vietnam ini tidak terfokus menjerumuskan kementrianmu saja. Namun secara moral, karena kementrianmu tersentuh oleh masalah ini, ada baiknya memfokuskan pikiran membersihkan siluman-siluman importir. Tidak perlu terlalu buru-buru atau ngebet jadi presiden.

Maafkan aku om Gita Wirjawan, karena kemarin aku berfikir bahwa kau bukan mengundurkan diri, tetapi melarikan diri dari masalah. Fikiran ini masih tetap hidup, padahal berbagai apologi coba aku bangun untuk menalar, betulkah kau mengundurkan diri dari jabatan Mentri Perdagangan untuk fokus pada konvensi ??? Aku apresiasi kebulatan tekatmu memimping bangsa ini, Om Gita.

Sayangnya, Aku bingung harus bilang apa, pak Calon Presiden !!!

Aku malah berfikir, kau akan lari kemana ketika bangsa ini menuntut janji-janjimu, kualitas atau profesionalismemu ???

Om Gita, kalau kau hanya bisa melarikan diri, tidak menyelesaikan masalah-masalah yang merusak kementrian yang kemarin sore kau pimpin, Lebih baik kau jadi bintang iklan pembersih wajah saja, atau iklan pasta gigi.

Kulihat wajah dan senyummu begitu menawan.


*Atau iklan presiden abal-abal ...


Baca juga:

Mengenal Ucheng Orangbiasaji

Ahmad Husain (Ucheng), Tidak lulus kuliah, anak petani, itu saja..
Saya hanya orangbiasaji :) ...
berusaha menikmati keindahan penciptaan pada hal-hal biasa di sekitarku.