[Panduan] Cara Termudah Merubah Blogspot Jadi .COM / .NET / .INFO / .ORG / .CO.ID / DLL

Dear Visitor !!!

Jika anda sedang mencari tahu bagaimana cara merubah alamat blogspot anda dari YOURBLOG.blogspot.COM menjadi YOURBLOG.COM agar terlihat lebih profesional (apalagi dioptimalisasi dengan desain template blog yang menarik), Maka sudah pas kalau anda berkunjung atau tersesat di blog Orangbiasaji ini. Hehehehe

Oia, yang perlu anda ketahui adalah istilah Top Level Domain atau TDL yang merarti domain tingkat atas seperti Orangbiasaji.net. TDL juga biasa disebut dengan Custom Domain. Selain TDL, ada juga yang disebut dengan subdomain yakni bagian dari TDL.

Misalnya TDL-nya adalah Orangbiasaji.net, nah contoh Subdomain adalah : Blog.Orangbiasaji.net, dimana Blog adalah Subdomain dari Orangbiasaji.net


Baiklah, mari kita mulai saja !!

Pertama, anda harus memiliki domain / TDL yang nantinya akan menggantikan Alamat blog anda. Bagaimana caranya? Silahkan membeli Domain di salah satu Webhosting. Kami sarankan membeli di KiosGalesong.net Karena pelayanan yang ramah dan profesional, Oia sistemnya juga sangat mudah. Yang terpenting adalah, Kios Galesong ini merupakan afiliasi saya di IDwebhost. (Semoga saja teman2 berkenan membeli domain di afiliasi saya tersebut. #Ngareppp hihihi )


Nah, Cara membeli domain sangat mudah, Silahkan Berbelanja di KiosGalesong.net Mumpung sedang mengadakan promo. Domain .COM hanya 63.000, Domain .NET cuma 53.000, Dan domain lokal .ID dapat diskon 50%. Promo berlaku sepanjang bulan Mei 2013.

Untuk panduan membeli domain baca disini : Cara Mudah Membeli Domain

Setelah memiliki domain yang akan digunakan untuk mengganti alamat blogspot anda. Saatnya melakukan pengaturan pada blog.

1. Login ke akun blog anda. Lalu klik menu Setelan atau Setting (Bahasanya disesuaikan saja yah) pada blog yang ingin diruban menjadi .COM.

2. Pada tampilan setting atau setelan blog, Silahkan pilih dan KLIK : Tambahkan domain khusus / Add a custom domain


3. Kemudian pilih : Alihkan ke setelan lanjutan



4. Tuliskan nama domain anda dilengkapi dengan WWW. pada kolom yang tersedia (Lihat gambar di bawah). Setelah itu Klik SIMPAN


5. Selanjutnya akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini. Inilah bagian termudah dan paling menyenangkan ! (Dikit lagi selesai doalnya. Hehehehe)


Gambar di atas menunjukkan terdapat dua bagian, 1 Merah dan 2 Hijau. Kedua bagian tersebut merupakan kode verifikasi yang harus diisikan pada pengaturan CNAME domain anda.

Lingkaran merah adalah kode Nama / Label.
Sementara lingkaran merah adalah kode Tujuan / Target.

Nah, untuk pengaturan CNAME domain anda. Anda bisa menghubungi dan meminta bantua Costumer Service KiosGalesong.Net via chat di website.

Jangan sungkan menghubungi Admin / CS yang siap memandu dan membantu 24 Jam.

Pada saat chating dengan CS / Admin KiosGalesong, Mintalah bantuan agar mereka mengatur CNAME blog anda agar dapat diarahkan ke blogspot. Mereka akan meminta kode Name / Label dan kode Tujuan / Target (Seperti gambar di atas).

Jangan sungkan untuk memberikan kode tersebut kepada mereka ;)
Contoh sebagaimana gambar di atas :

Nama / Label : scoblszdeoni
Tujuan / Target : gv-yg5zs7e7gqbdcg.dv.googlehosted.com

Selanjutnya, admin akan meminta anda untuk bersabar menunggu resolve domain anda. Butuh waktu maksimal 1 x 24 jam untuk resolve domain. Saya sih biasanya cuma sejam aja resolve domainnya ;).

Terakhir, Ulangi langkah pertama hingga keempat di atas. Jika Resolve domain anda telah selesain, maka tahap kelima tidak dibutuhkan lagi, alis tidak tampil lagi. MANTAB !!!


Nah, Blognya udah jadi tuh pakai Top Level Domain. Oke dan mudah sekali bukan ???

Mengenal Ucheng Orangbiasaji

Ahmad Husain (Ucheng), Tidak lulus kuliah, anak petani, itu saja..
Saya hanya orangbiasaji :) ...
berusaha menikmati keindahan penciptaan pada hal-hal biasa di sekitarku.