Metode Jitu Menurunkan Alexa Rank Tanpa Software

Memiliki blog dengan alexa rank yang rendah merupakan salah satu target utama seorang blogger, paling tidak bagi mereka yang maniak dan berfokus pada penguatan (menurunkan) ranking alexa. Sebagian lainnya mungkin mengacuhkannya dan lebih memilih untuk mengembangkan blog untuk mendapatkan google page rank yang tinggi. Bagi saya, kedua sistem perengkingan blog ini sama pentingnya.

Lalu, bagaimana cara menurunkan atau merampingkan page-rank alexa agar telihat lebih seksi ??? Jangan terburu-buru dulu. Ada banyak metoda yang biasanya dilakukan orang untuk mendapatkan alexa rank yang baik. Bahkan ada yang giat bekerja mengurusi blog mereka sehingga bisa mendapatkan alexa rank di angka ratusan ribu dalam sebulan. Mungkin namanya juga sistem rangking atai peringkat, maka blogger pun terpacu untuk berlomba-lomba merampingkan alexa rank blog mereka.

Padahal, tanpa berfokus pada perampingan alexa rank, blog kita akan tetap baik dan pelan-pelan akan memiliki ranking yang kecil di alexa. Sayangnya banyak blogger yang tidak sabaran, sehingga perilaku negatif pun jadi metode yang digunakan untuk menurunkan alexa rank. Misalnya menggunakan software khusus yang berfungsi sebagai bot dengan memanipulasi hits atau kunjungan.

Sebut saja alexaBooster yang belakangan mulai dihindai oleh para blogger secara perlahan-lahan, walaupun masih sedikit review tentang kekurangan sofware semacam ini. Sebagai seorang blogger, kita dituntut untuk bersikap sopan terhadap lingkungan di internet, jujur dan tidak menuruti hawa nafsu dalam mengembangkan blog. Asalkan kita tetap sabar dan bekerja secara telaten maka tentu saja apa yang kita targetkan akan terwujud.

Setelah itu, cobalah memulai rutinitas blogging dengan metode-metode berikut yang dapat mendukung percepatan menurunkan alexa rank untuk blog kita, tentu saja tanpa software.


1. Memasang Widget Alexa Rank di Blog

Saat mendaftarkan diri di alexa.com, kita sudah disarankan untuk memasang widget alexa rank di blog untuk memudahkan kita dan pengunjung mengetahui ranking blog kita. Jika anda berfikir bahwa alexa rank blog anda masih sangat tinggi atau gemuk, tak usah minder karena dari situlah motivasi anda akan lahir, yaitu melakukan diet untuk merampingkan alexa rank blog anda.


2. Memasang Plugin Alexa

Banyak orang yang menganggap remeh plugin alexa yang disarankan untuk diistal dan terintegrasi di browser kita. Ada juga yang berfikiran bahwa desain browser bawaan meeka cukup terganggu oleh plugin alexa atau alexa toolbar dan alexa search pada browser. Namun, jangan ambil pusing, jika anda menginginkan alexa rank anda menuun dengan cepat, praktekkan tuntunan-tutunan yang direkomendasikan oleh alexa.com. Jangan lupa untuk mengatur bowser anda agar homepage blog anda tampil di halaman awal browser.


3. Ajak orang untuk Mereview Blog anda di Alexa

Seperti yang sering saya lakukan, yakni bertukar review dengan teman-teman blogger, ternyata memiliki efek yang baik dalam mempercepat menurunkan ranking alexa blog kita. Walaupun banyak blogger yang merasa bahwa usaha ii hanya mempan saat alexa rank blog kita masih di angka jutaan.

Namun, itu bukan berarti kata stop bertukar review bagi saya. Dengan review tersebut, blog kita akan terlihat lebih partisipatif, dimana orang-orang menuliskan pendapat meeka tentang blog kita.

Baca juga : Cara Bertukar Review Blog di Alexa


4. Buat Posting Mengenai Tante Alexa (Seperti merayu saja hahaha)

Apakah tante alexa (begitu banyak orang menyebutnya) mudah dirayu dengan memuat tulisan tentang dirinya di blog kita ??? Hahaha

Sebenarnya bukan karena itu, hanya saja banyak orang yang mencari tips cara menurunkan ranking alexa mereka, sehingga dengan demikian kita bisa mendapatka traffic dainya.


5. Buat Template Gratis untuk Para Blogger

Bagian ini mungkin banyak dibicarakan, namun saya memikirkan bahwa dengan menyediakan template sedehana yang minimalis (biasanya diminati para blogger), maka kita bisa menanamkan URL blog kita di template mereka, sehingga secara tidak langsung ini akan berdampak baik untuk alexa rank.

Jika anda cukup mahir dalam mengutak atik kode HTML, manfaatkan kemampuan anda untuk membangun sebuah template yang nantinya bisa digunakan oleh blogger lain sebagai "pakaian" blog mereka.


6. Tingkatkan Trafik dan Update Artikel

Inilah cara yang ampuh untuk menurunkan ranking alexa blog kita. Walaupun memang banyak blog yang pengunjungnya tidak mencapai angka 200 uniq visitor memiliki alexa rank yang baik, namun semakin tinggi traffic blog kita akan berdampak semakin baik, apalagi ditambah dengan rajin memperbaharui (update) artikel di blog.


Demikian beberapa metode yang dapat diamalkan untuk mempercepat perampingan alexa ank blog kita. Hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah bagaimana cara memperbanyak trafic blog sehingga menurunkan alexa ranking blog kita.

Akhirnya, selamat blogging. Jika ingin bertukar review dengan blog ini, silahkan kunjungi : Tukaran Review Alexa

Mengenal Ucheng Orangbiasaji

Ahmad Husain (Ucheng), Tidak lulus kuliah, anak petani, itu saja..
Saya hanya orangbiasaji :) ...
berusaha menikmati keindahan penciptaan pada hal-hal biasa di sekitarku.