Bisnis Rumah Makan Sunda Makin Berkembang

Makanan bukan hanya urusan perut, melainkan mencakup hal-hal yang bermuatan nilai seni, seperti citarasa, kreatifitas dalam penyajian dan kreasi masakan. Jadi jangan heran jika makanan kini menjadi salah satu jenis wisata yang digemari, karena selain mengusir rasa lapar, kita juga bisa menikmati aspek seni hiburan dalam dunia kuliner.

Industri restoran atau rumah makan saat ini masih dinyakini sebagai salah satu bentuk usaha ekonomi yang memiliki prospek cukup bagus, bahkan dalam kondisi krisis sekalipun. Restoran pun kian merebak, mereka hadir menyajikan berbagai menu masakan dengan konsep yang beragam, mulai dari konsep restoran yang diadopsi dari barat, hingga konsep lokal seperti lesehan. Menu makanan pun sangat bersaing untuk menarik perhatian para pecinta kuliner.

menu makanan di restoran raja sunda
Kreasi menu masakan di Rumah Makan Raja Sunda
Namun demikian dalam periode yang sama banyak restoran yang gulung tikar, karena tidak mampu lagi mempertahankan jumlah pengunjungnya. Menurut beberapa pihak yang berkompeten menyebutkan bahwa sukses usaha dibidang pelayanan makanan dan minuman ini tidak hanya ditentukan oleh jumlah pengunjungnya, tetapi juga ditentukan oleh kemampuan meningkatkan pertumbuhan pelanggannya.

Restoran dengan konsep lokal pun berusaha eksis dan bersaing menghidupkan bisnisnya di tengah kegemaran masyarakat mengkonsumsi menu makanan dari luar. Restoran khas sunda pun merebak di daerah Bandung dan sekitarnya untuk memberikan kenyamanan para penikmat kuliner khas. Nasi timbel dan aneka olahan ikan gurame merupakan menu yang sangat mudah ditemukan di restoran atau rumah makan sunda, salah satunya di Raja Sunda.

Raja Sunda Cukup konsisten dalam mempertahankan lokalitas selera yang terwujud dalam menu makanannya. Bukan hanya itu, sebagaimana disebutkan di atas bahwa makanan bukan lagi urusan perut melainkan seni dan kreatifitas. Raja sunda cukup inovatif dalam menyajikan menu masakan.

Ikan Gurame terbang misalnya, menu ini cukup favorit di Raja Sunda. Ikan Gurame yang memang banyak di budidayakan daerah Jawa Barat sangat mudah didapatkan di daerah Bandung dalam berbagai menu olahan, namun di Restoan Raja Sunda, ikan gurame diolah berbeda. Jika sempat melakukan wisata kuliner di Bandung, jangan lewatkan menu makanan di rumah makan tersebut.

Bagi saya menu ini sangat kreatif, bukan hanya menggugah selesar, namun menggugah niat untuk membuat rencana mengunjungi Bandung dan tak meninggalkan kota indah ini sebelum menuntaskan rasa penasaran bagaimana kelezatan menu masakan sunda di restoran Raja Sunda.

Untuk dapat bertahan lama, usaha restoan dituntut untuk memiliki ciri khas yang membedakan restoan satu dengan yang lainnya, ciri khas itu bisa saja merupakan menu masakan, kreatifitas penyajian, hingga pelayanan dan suasana restoran.

Mengenal Ucheng Orangbiasaji

Ahmad Husain (Ucheng), Tidak lulus kuliah, anak petani, itu saja..
Saya hanya orangbiasaji :) ...
berusaha menikmati keindahan penciptaan pada hal-hal biasa di sekitarku.