Wisata Kuliner, Gaya Hidup Kaum Urban

Wisata kuliner berkembang menjadi salah satu gaya hidup kaum urban yang kian hari kian diminati. Hal tersebut dipengaruhi perkembangan sistem informasi yang memudahkan banyak orang untuk menyaksikan beraneka ragam menu makanan, baik melalui liputan televisi, advetorial di media cetak, hingga hal-hal kecil seperti seorang anggota media sosial tertentu mengupload foto-foto makanan.

Dengan teknologi fotografi/videografi dan perkembangan seni memasak (the art of cooking), makanan diperkenalkan sehingga menarik minat atau selera seseorang untuk menikmatinya, sehingga tak sedikit orang yang akhirnya datang ke suatu daerah tertentu untuk mencicipi menu makanan khas daerah tersebut. Walaupun gaya hidup berwisata kuliner ini berkembang di kalangan kaum urban, menu masakan yang banyak dipilih adalah menu masakan tradisional yang khas, bukan hanya pada menu (rasa) bahkan pada gaya penyajian hingga suasana tempat wisata kuliner dibentuk sedemikian rupa, sehingga pengunjung tidak datang hanya untuk makan, melainkan berwisata.

Suasana asri di lingkungan rumah makan. | Sumber foto: Rajarasa.com

Di jakarta atau bandung misalnya, walaupun terbilang sebagai kota metropolitan dimana masyarakatnya hidup dalam gaya hidup yang berkelas (tinggi), menu makanan khas Sunda banyak diminati. Rumah makan sunda dan seafood Jakarta merupakan tempat dimana para penggila wisata kuliner datang untuk mencicipi menu makanan khas.

Disamping tujuan wisata kuliner, rumah makan menjadi salah satu pilihan tempat meeting di jakarta, tentu dengan konsep meeting yang santai atau lebih rileks dengan suasana yang menyenangkan dan menu makanan yang enak.

Kita tentunya mengetahui bahwa banyak hal dapat dilakukan di rumah makan, tidak terbatas pada pertemuan dengan relasi bisnis, melainkan tempat berkumpul keluarga. Dukungan fasilitas rumah makan untuk berbagai kegiatan selain datang untuk makan, menjadikan wisata kuliner berkembang dengan pesat. Mencicipi makanan mungkin adalah urusan sepele karena semuanya terasa saat kita menikmati masakan tersebut, namun suasana lingkungan di rumah makan akan memberikan pengalaman yang lebih.

Suasana rumah makan yang khas. | Sumber foto: Rajarasa.com

Wisata kuliner merupakan konsep wisata yang memadukan seni masak-memasak, kreativitas dalam penyajian, suasana lingkungan yang menyenangkan hingga pada pelayanan yang ramah. Jika pembaca berniat melakukan wisata kuliner, perhatikan bagaimana semuanya itu bisa anda dapatkan pada satu rumah makan, sehingga bukan hanya pengalaman mencicipi makanan saja yang bisa anda ceritakan, melainkan bagaimana seni memasak diterapkan untuk memuaskan anda.

Mengenal Ucheng Orangbiasaji

Ahmad Husain (Ucheng), Tidak lulus kuliah, anak petani, itu saja..
Saya hanya orangbiasaji :) ...
berusaha menikmati keindahan penciptaan pada hal-hal biasa di sekitarku.