Keuntungan Merubah Domain Blogspot Menjadi dot COM

Banyak teman-teman saya bertanya, apa gunanya menggunakan domain dot COM pada blogspot? Tentu saja banyak keuntungan atau manfaat dari merubah domain blogspot menjadi dot COM. Salah satunya yaa teman-teman bisa melihat blog ini yang awalnya beralamat www.sayaorangbiasaji.blogspot.com kini berubah menjadi www.orangbiasaji.net. Nah, kerasa kan bedanya apa ???

custom domain blogspot
Buat domain kamu lebih profesional
Dari kedua alamat URL di atas, yang sama-sama mengarah ke satu halaman yang sama yaitu ke blog ini, ada perbedaan kesan bukan ??? domain blogspot yang bisa didapatkan secara gratis kurang memberikan suatu kesan khas apa-apa, karena setiap orang bisa menggunakan fasilitas blogspot dan membuat alamat blogspot yang unik.

Sementara orangbiasaji.NET terkesan lebih simpel dan unik, tentu saja karena tidak ada embel-embel pada domainnya. Orang akan menganggapnya sebuah situs profesional yang bukan gratisan, padahal kita memanfaatkan fasilitas gratis dari blogspot untuk membangun sebuah blog, hanya saja kita merubah alamat blogspot menjadi lebih profesional dengan membeli top level domain (TDL) atau bahasa akrabnya custom domain (domain yang diubah sesuaikan).

Berikut beberapa keuntungan merubah domain blogspot ke top level domain ( .com / .net / .info / .co / .web.id dll) ;

1. Managemen kesan (image). Kesan lebih profesional sehingga anda bisa mendapatkan kepercayaan pengunjung lebih besar jika dibandiingkan hanya menggunakan domain blogspot. Misalnya, blog anda adalah blog pribadi yang mempublikasikan berbagai opini anda dan menjadi referensi, pengunjung akan lebih mempercayai blog yang menggunakan TDL sebagai sumber informasi/referensi dibandingnya masih menggunakan domain gratisan.

2. Mempersingkat alamat blog, sehingga memudahkan kita memperkenalkan blog kepada orang lain, baik secara online maupun offline. Dengan menggunakaan TDL, maka kita akan lebih mudah menyampaikan atau memperkenalkan blog kita, misalnya; "Kunjungi blog saya yahhh, blogsaya.com !!"

3. SEO Friendly alias lebih mudah diindeks oleh google. Dalam pengecekan terhadap blog, google biasanya lebih mengutamakan blog yang menggunakan TDL dibandingkan hanya menggunakan domain gratisan bawaan blogspot. Hal inilah yang membuat blog kita akan lebih mudah dioptimasi untuk hadir di halaman pertama Google SERP (Search Engine Result page).

4. Domain berbayar atau TDL lebih mudah untuk di-monetize atau dimanfaatkan sebagai blog penghasil duit. Misalnya ketika anda mendaftar untuk mengikuti program google adsense, maka anda harus mendatarkan blog yang menggunakan TDL, bukan blog dengan domain gratisan lagi.

5. Personal/Corporate Branding. Domain anda akan menjadi brand/merek anda, baik secara pribadi maupun secara bisnis (jika kita memiliki blog untuk kepentingan bisnis).Hal ini berhubungan dengan tingkat kepercayaan pengunjung. Personal branding akan lebih tepat jika kita menggabungkan keunikan brand dan kepercayaan pengunjung.


custom domain blogspot
Siapkan domainmu sekarang dan tampilkan blogmu dengan lebih keren ;) Hehehehe

Beberapa poin di atas merupakan keuntungan saat kita mengganti domain blogspot menjadi dot COM atau ekstensi TDL lainnya. Buat teman-teman yang ingin melakukan perubahan domain, anda perlu menyiapkan domain yang diinginkan dengan menbelinya di penyedia domain/hosting (webhosting). Sebaiknya baca juga artikel tentang Cara Membeli Top Level Domain di blog ini.


Apakah SEO akan menurun saat mengalihkan blog yang sudah teroptimasi ke Top Level Domain ???


Takut pengerjaan anda mengoptimasi #SEO blog hancur saat blog anda (*BLOGSPOT*) dialihkan ke Top Level Domain (TLD) ???

Sepertinya itu berlebihan ....

1. Blogger menggunakan fitur redirect otomatis. Ketika pengunjung masuk melalui nama domain (subdomain.blogspot.com) yang lama, dia akan diredirect ke domain baru, sehingga sobat tidak perlu khawatir kehilangan pengunjung lama.

2. Jenis redirect yang digunakan adalah 301 redirect (permanent redirect) sehingga bagus untuk search engine dan usaha SEO. Link juice akan mengarah ke semua url baru sehingga pagerank dan ranking SERP akan ditransfer ke url/halaman/domain baru, tentunya dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam 1 - 3 bulan) setelah semua proses redirect "diendus" oleh search engine.  (Sumber : Buka rahasia blogspot)


Malah, dengan merubah domain blog menjadi TLD, blog anda akan lebih akrab dengan search engine karena akan dinilai lebih profesional dengan menggunakan domain berbayar...



Untuk panduan teknis perubahan domain blogspot ke dot COM silahkan baca : Cara Mengganti Domain Blogspot menjadi dot COM

Selamat blogging ;)

Mengenal Ucheng Orangbiasaji

Ahmad Husain (Ucheng), Tidak lulus kuliah, anak petani, itu saja..
Saya hanya orangbiasaji :) ...
berusaha menikmati keindahan penciptaan pada hal-hal biasa di sekitarku.