Tahun Baru Islam itu Kapan yahh ???

tahun baru hijriyah 1 muharram
Ilustrasi | penanggalan hijriyah

Ada yang hingga sekarang belum tahu kalau hari ini adalah tahun baru Hijriyah, tahun barunya umat Islam?. Hehehe, berarti lebih parah dari saya dong, sejak tiga hari yang lalu saya sudah tahu, itupun dari adik sepupu yang sempat chating dengan saya melalui facebook.

Setelah mengetahui bahwa tahun baru Islam adalah hari ini, Kamis 15 November. Saya begitu menyesal tidak mengetahuinya dari awal, saya sangat malas melihat kalender, hanya berpanduan pada sistem waktu yang disetel di laptop atau di handphone sehingga informasi libur tanggal merah tidak tercantumkan. Mungkin hal ini bisa menjadi inovasi pengembangan teknologi komunikasi ke depan, dengan melengkapi sistem kalender dengan hari-hari perayaan dan hari libur.

Saya merasa kacau sekali, bukan hanya karena saya muslim yang tidak tahu hari-hari besar Islam, tetapi karena tidak tahu bahwa pada hari kamis ini adalah hari libur, saya pun batal berangkat ke Bali setelah diundang oleh seorang rekan untuk beberapa pekerjaan. Sayang sekali.

Sampai sekarang saya masih menyesali kejadian tersebut, kenapa saya begitu malas melihat kalender dan begitu tidak perhatian bahwa setelah hari raya Idul Qurban, umat Islam akan segera menyongsong hari yang baru: Hijriyah, yang secara historis perhitungan penanggalannya dimulai pada momen hijrah Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi, dengan metode perhitungan kalender hijriyah mengikuti pergerakan bulan, sehingga hari baru dimulai ketika matahari terbenam di suatu tempat.

Dalam sebulan, jumlah hari pada kalender hijriyah adalah 29 - 30 hari, sehingga penanggalan kalender hijriyah lebih pendek 11 hari dibandingkan kalender masehi yang umum digunakan oleh warga Indonesia yang mayoritas muslim sekaligus negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

CURRENT MOON

Penampakan bulan


Perhitungan waktu sebagaimana metode penanggalan kalender hijriyah sebenarnya tidak asing bagi kita, walaupun kita menghitung hari sesuai dengan penanggalan Masehi. Penetapan jadwal/waktu ibadah umat Islam ditentukan dengan sistem penanggalan Hijriyah, misalnya waktu shalat. Hanya saja mungkin kita tidak terlalu memperhatikan hal ini.

Apakah perhatian yang kurang terhadap tahun baru Hijriyah dipengaruhi oleh menurunnya semangat beragama umat Islam? namun, bagaimana dengan perayaan hari besar ummat Islam lainnya, seperti Iedain (Fitri dan Adha).

Pertanyaan tersebut sangat menarik bagiku untuk diulas, khususnya saat kita memperhatikan fenomena konsumerisasi hari raya atau hari besar. Apa yang bisa dijual di tahun baru Islam? dibandingkan perayaan hari raya lain yang ramai. Berbeda dengan perayaan tahun baru Masehi, para pedagang kaki lima mulai ramai berjejer di pinggir jalan menjual terompet dan kembang api.

Memang, ada yang merayakan tahun baru Hijriyah, dengan berbagai kegiatan "yang lebih bermanfaat" dibandingkan hanya berpesta seperti pada tahun baru Masehi, atau tahun baru China yang juga dilaksanakan semara oleh warga negara yang berdarah China. Hanya saja, bagiku, kegiatan perayaan tahun baru Hijriyah tersebut hanya sebagai formalitas, semacam ada rasa sungkan bagi aktifis organisasi masyarakat berdasar Islam, jika tidak melaksanakannya.

Tapi entahlah.

Hari ini, saya merasa gembira karena libur, walaupun pada tanggal atau hari kerja, status saya tetap liburan. Entah karena apa, yang jelas bukan karena hari ini kita memasuki 1 Muharram dengan "tenang".

Akhirnya, karena hari ini adalah tahun baru, maka saya ingin mengucapkan selamat tahun baru Hijriyah dengan penuh rasa damai, walaupun saya tidak tahu, hari ini tahun baru Hijriyahnya Muhammadiyah atau Pemerintah.

tahun baru hijriyah 1 muharram
Ratusan santri pondok pesantren Jagastru berpawai sambil membawa obor mengelilingi Kota Cirebon, Jawa Barat, dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1434 H, Rabu (14/11). Sumber: tempo.co

Mengenal Ucheng Orangbiasaji

Ahmad Husain (Ucheng), Tidak lulus kuliah, anak petani, itu saja..
Saya hanya orangbiasaji :) ...
berusaha menikmati keindahan penciptaan pada hal-hal biasa di sekitarku.