Perkembangan Trend Fashion ala Korea di Indonesia dan Maraknya Toko Online

Trend Fashion ala Korea
Trend Fashion ala Korea
Trend fashion berkembang dengan pesat dan berubah-ubah sesuai dengan dinamika perkembangan industri “gaya” yang seakan tak pernah jeda, walau sekedar untuk menarik nafas panjang. Para desainer atau perancang busana seperti berpacu menghasilkan produk-produk terbaru dan berusaha mengangkat produknya menjadi trend.

Orang banyak mungkin menganggap bahwa busana wanita yang menjadi trend fashion adalah produk mahal, namun tidak seluruhnya demikian. Perkembangan fashion membuat industri rumahan berkembang, sehingga ada banyak produk baju wanita murah yang tersedia di pasaran, utamanya dijual melalui toko-toko online, atau mungkin dipromosikan melalui facebook pribadi.

Namun, bisnis fashion, utamanya pakaian wanita, tidak lepas dari pengaruh media dalam memberikan kita informasi atau sekedar preview dari trend fashion. Misalnya melalui acara entertaimen, acara reality show dengan bintang artis yang sedang hangat dan menjadi trend setter, misalnya Syahrini yang sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan trend fashion lokal di Indonesia.

Perkembangan fashion juga dipengaruhi oleh film, sebagaimana diketahui bahwa “mewabahnya” film drama korea dan girl band (asing maupun lokal) membuat para wanita di umur remaja memiliki kiblat fashion. Tidak sedikit remaja ABG berpenampilan layaknya artis korea melalui pakaian dengan gaya khas yang colorfull.

Fashion yang colorfull memang sangat diminati oleh remaja karena kesan yang ceria tampak dari warna yang beragam. Trend fashion ala korea tdak hanya mempengaruhi kalangan remaja putri/wanita saja, tetapi wanita dewasa juga tak luput dari dorongan untuk mengkonsumsi fashion dengan gaya korea.

Dalam usaha untuk mendapatkan busana wanita yang up to date dan dengan biaya murah, bahkan dengan cara berbelanja yang simpel, banyak orang kini meninggalan gaya berbelanja yang konvensional, seperti harus bersusah payah datang ke beberapa toko untuk memeriksa dan membandingkan harga dan kualitas produk. Kini, dengan maraknya toko online, masyarakat pelan-pelan beralih mengunjungi toko online yang banyak dimiliki oleh orang-orang.

Sayangnya, popularitas toko online kadang menjadi permasalahan bagi pelanggan untuk berbelanja, bukan seedar melihat-lihat gambar produk saja. Ramainya berita media tentang penipuan yang terjadi pada saat transaksi/belanja online membuat sebagian orang merasa takut. Namun, mungkin beberapa tips berikut bermanfaat bagi anda dalam melakukan kegiatan belanja online:


Tips Belanja Online yang Aman

  1. Cobalah menghubungi nomor kontak yang tersedia pada informasi produk. Sebaiknya menghubungi nomor telepon rumah. Perhatikan baik-baik adanya nomor telefon rumah/kantor (lebih terpercaya) dibandingkan dengan nomor handphone yang setiap kali bisa berubah-ubah.
  2. Kenalilah toko online tempat anda berbelanja, misalnya cobalah mengecek pengalaman pembeli sebelumnya melalui search engine dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan. Biasanya, orang-orang (pembeli online) akan menuliskan review dengan menuliskan pengalaman dan tingkat kepuasan mereka terhadap pelayanan dan produk yang mereka beli.
  3. Untuk mendapatkan harga terbaik (best price) kunjungilah beberapa toko online untuk mengecek harga. Atau anda dapat memanfaatkan search engine dengan mencari kata kunci yang diinginkan. Misalnya: Baju Wanita Murah.
  4. Untuk mengenali kualitas produk, anda bisa melihat foto/gambar detail dari produk dan memperhatikan informasi, misalnya jenis kain, dll. Biasanya, toko online menyediakan fasilitas live chat, sehingga anda bisa bertanya tentang produk yang akan anda beli.
  5. Setelah melakukan proses belanja online, mintalah nomor pengiriman barang pada toko tempat anda berbelanja, sehingga anda dapat mengecek perjalanan (espedisi) pengiriman barang.

Selamat berbelanja!

Mengenal Ucheng Orangbiasaji

Ahmad Husain (Ucheng), Tidak lulus kuliah, anak petani, itu saja..
Saya hanya orangbiasaji :) ...
berusaha menikmati keindahan penciptaan pada hal-hal biasa di sekitarku.